Pantai Tanjung Karang, si pasir putih di Kota Donggala


Welcome to Donggala

Pantai Tanjung Karang berpasir putih yang dapat diselami tersembunyi di Kota Donggala! Pantai cantik ini dapat dijangkau dengan mobil sekitar 1-1,5 jam dari bandara Mutiara, Kota Palu.

Kota Donggala yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah mungkin masih kedengaran asing di kalangan penyelam domestik ya. Keindahannya bisa lah bersaing dengan pantai-pantai pasir putih lainnya di Indonesia.




Gumpalan awan yang putih bersih dilatari warna biru langit yang elok membuat mata yang memandangnya semakin dimanjakan. Air lautnya kelihatan biru segar karena pasir putihnya. Namun sayang pasir putih bercampur aduk dengan pecahan tumbuhan mati sehingga pemandangan bibir pantai sesekali ada gundukan hitamnya. No worry, masih tetap terlihat cantik.


Akses menuju pantai ini mudah saja menggunakan kendaraan pribadi, mobil diparkir tidak jauh dari lokasi bibir pantai. Tidak perlu trekking, tidak ada jalan rusak, mulus. Saya tidak menjumpai adanya kendaraan umum, mungkin masih sangat langka trayek antara kota Palu menuju pantai Tanjung Karang. 



Pondok penginapan milik warga setempat

Jika ingin bermalam di pantai ini dapat menyewa pondok-pondok sederhana yang berjejer tepat di bibir pantai. Begitu membuka pintu atau jendela pondok akan langsung menjumpai pantai yang biru. Terdapat pula resort mewah milik pengelola asing yang terletak tidak jauh dari deretan pondok sewaan milik warga setempat. Biasanya turis mancanegara yang melakukan kegiatan diving menginap di resort ini.





Seberang bibir pantai ada pulau kecil yang dapat dijangkau menggunakan perahu-perahu milik nelayan. Para nelayan bersedia mengantarkan pengunjung dengan ongkos yang cukup terjangkau. Bahkan ada beberapa perahu yang didesain khusus untuk wisata laut, yaitu adanya kaca di lambung perahu, mirip seperti akuarium berjalan sehingga kita dapat melihat flora fauna bawah laut tanpa melakukan snorkeling.






Kawasan pantai ini masih sepi pengunjung yang melakukan aktifitas diving maupun snorkeling. Sepertinya pemerintah setempat perlu lebih serius membenahi fasilitas umum agar lebih baik serta perbanyak promosi wisata. Saya tidak melakukan snorkeling maupun diving di sini, namun saya yakin dengan kondisi alam yang masih baik di Donggala menjadikan alam bawah laut di Pantai Tanjung Karang masih bagus juga. Jika ada kesempatan kedua ke tempat ini akan saya coba bersnorkeling ria ^_^







Hey, wanna join me cross the sea?






Okey jalan-jalan di pantai selesai, dalam perjalanan pulang Kami mampir ke masjid apung, mari istirahat sejenak sambil beribadah....



Masjid Apung





Pemandangan dari Masjid Apung










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Savana Cikasur yang Melegenda di Gunung Argopuro (Part 1)

Pengibaran Bendera Sepanjang 1 Kilometer di Gunung Rakutak, Bandung