Telaga Sarangan Percantik Kaki Gunung Lawu, Magetan

Sekilas Seperti di Ranu Kumbolo, Kawasan Gunung Semeru ^_^



Pemandangan itu bukan di Ranu Kumbolo, melainkan di telaga Sarangan di kaki gunung Lawu, tepatnya di desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Nampaknya telaga ini menjadi kawasan wisata karena letaknya di dataran tinggi yang sejuk dan telaganya yang berpagar bukit-bukit kecil, indah.
 

Kabut tebal masih menyelimuti telaga ketika saya tiba, gumpalan warna putih mengambang di atas air telaga hingga bukit-bukit yang mengelilinginya. Perlahan kabut tebal itu menipis seiring naiknya sang surya ke peraduannya. Proses itu tidak lama karena cuaca sangat cerah. 


Warga setempat memanfaatkan sebagian lahan tidak jauh dari telaga untuk berdagang, pasar kecil tumpah di sana. Semua orang di dalamnya sibuk beraktifitas jual beli. Barang-barang dagangan mereka bermacam-macam mulai dari barang kebutuhan rumah tangga hingga cendera mata. Terlihat masih tradisional karena sebagian besar lapak-lapaknya beralaskan tanah.


Ketika telaga dan sekitarnya sempurna bersih dari kabut tebal, pemandangannya indah banget.  




Beberapa speed boat dapat disewa dengan harga yang terjangkau. Meluncur dengan perahu cepat di udara yang dingin sejuk pasti ada sensasi tersendiri. Apalagi terkena cipratan-cipratan air telaga di muka, menambah semangat ingin terjun ke telaga. Tapi berbahaya jika menceburkan diri di telaga ini karena banyak speed boat yang berlalu lalang, sehingga khawatir menabrak perenang. Sesekali speed boat bermanufer, sang pengemudi dengan lihainya mengendalikan perahu hingga membuat saya berteriak kencang merasakan sensasi manufernya.

Air Telaga yang Dingin


Telaga Sarangan dikelilingi bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon pinus, sangat hijau dan rindang. Sepanjang perjalanan menuju telaga dari jalur Tawangmangu juga disuguhi hijaunya pohon-pohon yang berjajar rapi di kanan kiri jalan. Begitu mendekati pintu masuk telaga Sarangan nampak rumah-rumah berdiri sepanjang jalan. Dekat dengan telaga sudah terdapat beberapa vila yang dapat disewa, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.









Telaga Sarangan















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Savana Cikasur yang Melegenda di Gunung Argopuro (Part 1)

Pengibaran Bendera Sepanjang 1 Kilometer di Gunung Rakutak, Bandung